Babad “Sarip”

Alkisah, keluarga besar mbah Sutardi berasal dari satu daerah kecil bernama Sarip. Sarip, atau yang sekarang dikenal dengan desa Karangasem terletak di tengah hutan (dahulu) terpisah dengan lokasi desa yang terdekat. Babad sarip sangat dekat hubungannya dengan keluarga besar mbah Sutardi. Ceritanya sebagai berikut.

Dimulai abad ke 18 yaitu Pemberontakan Untung Suropati. Ketika itu Raja Surakarta dapat dirayu Belanda, akibatnya membantu Belanda melawan Untung Suropati. Salah satu putra Raja Surakarta ada yang tidak sefaham dengan ayahandanya, maka ia melarikan diri ke arah timur, menuju puncak Lawu, dan berbelok ke utara. Agar tidak ketahuan, sang putra raja memakai topeng. Sesampai disuatu tempat ia bertemu dengan penduduk dan menetap unuk sementara waktu. Disitulah ia mengaku kalau sebenarnya ia adalah seorang putra raja Surakarta. Karena desa itu belum memiliki nama, maka penduduk setempat meminta kepada sang bertopeng untuk memberi nama.

Bersabdalah sang putera raja: Ingsun kesasar ing kene lan bisa urip karo warga ing karang padesan kene. Kanggo pangeling-eling yen kesa SAR lan u RIP, desa iki dak jenengi SARRIP (atau selanjutnya SARIP)

Penduduk desa menyebut sang bertopeng itu adalah RADEN TOPENG.

Setelah menikah dengan salah seorang gadis di desa itu, Raden Topeng minta ijin untuk kembali ke Surakarta. Dan bila nati ada putra-putrinya lahir, dan ingin mencari asal keturunannya maka datanglah ke Surakarta, dan akan dicatat sebagai keturunan dalem sang sinuwun.

Diantara putra Raden Topeng ada yang menurunkan seseorang Prawiro Dikromo, yang merupakan orang tua mbah Sutardi. Ada salah seorang kakak mbah buyut Prawiro Dikromo yang mengurus ke Sala (Surakarta) yang dikenal dengan mbah buyut Sambeng. Diterima dan diaku sebagai krandah kraton Surakarta dan diberi gelar Raden Mas.

Itulah sekelumit kisah asal-usul SARIP, dari kata kesa SAR lan u RIP.

Wallahualam Bisawab.

——–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: